Breaking

Saturday, September 15, 2018

Mewahnya Kamar Setya Novanto! Ini Penjara Apa Hotel? Menkum HAM Patut Dipertanyakan.


Pura-pura penjara, sebenarnya kejadian ini sudah dicurigai Mata Najwa yang pernah tayang beberapa waktu lalu, pura-pura penjara dengan beragam bukti semisal parfum wanita, dan makan nasio goreng yang dimana Setya Novanto punya penyakit kolesterol yang tidak boleh mengkonsumsi gorengan minyak, sudah cukup aneh waktu itu, dan sudah dipertanyakan Najwa dalam acaranya.

Saya dari awal menonton, sampai akhir acara mata Najwa tersebut sejatinya sudah sangat heran dengan Menkum HAM, karena cenderung membela napi koruptor seolah-olah fasilitas yang ada disana adalah hal lumrah, Najwa saat itu masih diam tak bersuara, walau sebenarnya dari matanya Najwa terlihat bahwa dirinya sangat gerget ingin "nyerocos" bercuap tentang kasus sebenarnya.

Seolah masih tertahan, dan mungkin saya dan Najwa tidak mengerti, apa yang Menkum HAM pikirkan, yang jelas kali ini jawabannya semakin terbukti. Bahwa Setya Novanto bukan tidur layaknya penjara napi biasa, melainkan dapat perlakuan istimewa bak hotel bintang lima.

Periode dari rentang waktu Najwa hingga akhirnya Ombudsman kali ini sebenarnya sudah cukup lama. Sidak Ombudsman RI menemukan sel narapidana Setya Novanto lebih luas dibanding yang lain. Dalam sidak tersebut, Ombudsman juga mendapati narapidana lainnya, M Nazaruddin, yang ada di dalam sel Novanto.



Narapidana korupsi Setya Novanto membantah hasil sidak Ombudsman yang menyebut selnya di Lapas Sukamiskin lebih luas dari sel tahanan lainnya. Ombudsman pun menunjukkan bukti-bukti foto hasil sidak.

Sekarang bagaimana menurut teman-teman kura-kura, coba bandingkan kamar berikut yang ada di Lapas Sukamiskin, dengan kamarnya Setya Novanto

Dari sisi senitasi juga jelas lebih sehat kamar Setya Novanto, luasnya? Jelas sekali lebih luas kamar Setya Novanto, belum lagi kasur mewah, interior bak hotel bintang lima.

Baru kemarin MA mengizinkan napi eks koruptor dengan masa tahanan maksimal 5 tahun penajra masih boleh nyaleg kembali? Ah cocok sudah nikmat hidup koruptor ini. Saya sudah merangkum hal tersebut dalam laman berikut https://seword.com/politik/seruan-kepada-warga-indonesia-ayo-nyaleg-dan-ayo-korupsi-jamin-kaya-sampai-mati-r-jjWj5M7

Lanjut ke topik Setya Novanto, misteri apa yang disembunyikan oleh Menkum HAM? Kalau beliau memang kerjanya tidak benar tolong segera dicopot seperti Anies yang mantan mentri pendidikan tersebut. Napi koruptor dikasih ke isitimewaan, setelah keciduk baru bergerak, padahal di Najwa kemarin sudah disindir "pura-pura penjara" Tapi sejak momen itu, karena tidak bisa dibuktikan, Menkum HAM diam membisu.

Sekarang setelah ketahuan, dan di blowup media, langsung ambil tindakan, Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna H Laoly langsung mengirimkan Irjen Kemenkum HAM ke Lapas Sukamiskin. Dia akan mengecek fasilitas narapidana yang ada di sana.

Ada yang disembunyikan oleh Menkum HAM sepertinya yang kita tidak ketahui, kalau kita menghubungkan ke cerita napi Bandar Narkoba saja contohnya, mereka bisa pesta sabu di lapas, bahkan tidak hanya pesta sabu, mereka juga masih bisa mengendalikan bisnis Narkoba dibalik bilik penjara.

Kalau melihat dari kedua kasus ini, berarti sebenarnya banyak penyakit di lapas, dan di menterinya sendiri, kalau penjaranya saja tidak membuat terpidananya jera, jangan salahkan mereka yang berani untuk korupsi lagi, atau nyabu lagi. Wong penjaranya bisa dibeli.

Kalau melihat pernyataan Fahri Hamzah, dia menuding KPK akan membuat Novanto seperti M Nazaruddin, eks Bendahara Partai Demokrat, yang kerap membuka banyak kasus setelah menjadi terpidana korupsi. Dengan memberikan banyak informasi, orang yang bersangkutan disebutnya akan mendapat keistimewaan dari KPK.

Kalau fasilitas itu didapat karena bakal membongkar banyak kasus tersangka lainnya, tetap bagi saya itu tidak bisa dibenarkan, toh buktinya selain Setya Novanto kemarin yang di sidak Najwa, banyak yang punya fasilitas mewah juga bukan? Sekarang sih memang sudah disita, tapi mana tau nanti? Kalau hukumnya saja dari pusat masih melonggarkan, bukan tidak mungkin akan kemasukan fasilitas baru nantinya.

Napi koruptor itu sama saja seperti maling ayam, maling ayam babak belur di habisi massa, masa maling uang rakyat bisa bebas ketawa? Belum lagi dipenjara bisa bahagia tertawa menikmati hotel bintang lima.

Menkum HAM wajib diperiksa juga!

Sumber:
https://seword.com/politik/mewahnya-kamar-setya-novanto-ini-penjara-apa-hotel-menkum-ham-patut-dipertanyakan-BPGbZlK0q

No comments:

Post a Comment