Breaking

Friday, October 12, 2018

Gempa M2,4 Mengguncang Dieng Kabupaten Banjarnegara Pagi Ini, Sabtu 13 Oktober 2018


NEWSWinbiglose.COM - Gempa bumi dirasakan di Dieng, kabupaten Banjarnegara hari ini Sabtu 13 Oktober 2018 pukul 6.23 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi tektonik ini memiliki kekuatan M=2,4 dengan kedalaman 9 km.

Gempa bermagnitudo 2,4 ini tidak berpotensi tsunami.

Baca : Mau masuk surga? ujar Novel,  relawan Perempuan Prabowo di Jakarta Pusat, Jumat, 12 Oktober 2018.

Episenter atau pusat gempabumi terletak pada koordinat 7,35 LS dan 109,92 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 14 km arah Tenggara Dieng, Banjarnegara'>Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.




GEMPABUMI TEKTONIK M 2,4 MENGGUNCANG DIENG KAB.BANJARNEGARA, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI Hari Sabtu, 13 Oktober 2018, pukul 06.23.35 WIB, wilayah Dieng diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=2.4. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,35 LS dan 109,92 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 14 km arah Tenggara Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah pada kedalaman 9 km. Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Gempa dirasakan oleh sebagian masyarakat di Kawasan Dieng, I SIG-BMKG (I-II MMI). Hingga pukul 07.46 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.*** Banjarnegara, 13 Oktober 2018 Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie
A post shared by BMKG (@infobmkg) on

Melalui Instagram @infobmkg, Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie menyatakan bahwa gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter.

Baca : Kapoldasu Targetkan 100 Hari Sumut Aman dari Premanisme

Gempa dirasakan oleh sebagian masyarakat di Kawasan Dieng, I SIG-BMKG (I-II MMI).

Hingga pukul 07.46 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan atau aftershock.


BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sumber:
http://www.tribunnews.com/section/2018/10/13/breaking-news-gempa-m24-mengguncang-dieng-kabupaten-banjarnegara-pagi-ini-sabtu-13-oktober-2018

No comments:

Post a Comment